Cari Artikel Disini

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh


Beberapa orang kadang takut sinar matahari karena bisa membuat kulit hitam, ini bisa terjadi jika terlalu lama berada dibawah terik matahari di siang hari. Tapi anda tidak harus menghindari matahari, khususnya matahari di pagi hari, karena ada banyak manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan. Bangun lebih awal dan memulai hari sebelum matahari terbit adalah keinginan banyak orang. Tapi sangat sedikit orang benar-benar bisa berubah menjadi kebiasaan.

Para peneliti telah membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika seseorang melakukan aktivitas di luar rumah dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini dapat berguna jika matahari diperoleh selama pagi hari (Waktunya dari setelah terbit matahari sampai sinar matahari terasa cukup panas).

Berikut beberapa manfaat dari sinar matahari bagi kesehatan, yaitu:

1. Vitamin D
Sinar matahari merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Sinar matahari pada wajah, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus dan transfer kalsium melintasi membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Bermanfaat untuk kulit
Kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim dan lainnya akan membaik dan sedikitnya manifestasi yang didapatkan akan memperbaiki bekas luka dan gangguan kulit lainnya.

3. Melawan depresi
Pelepasan endorfin terjadi di dalam otak dan dipengaruhi oleh sejumlah factor, salah satunya sinar matahari melawan dan mengurangi depresi karena melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti-depresan alami dan sangat berguna untuk kasus depresi musiman, dengan demikian menyebabkan munculnya perasaan sehat.

4. Meningkatkan atau memperlancar sirkulasi darah
Sinar matahari meningkatkan atau memperlancar sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel. Hal ini juga membuat jantung sehat dengan menurunkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

5. Detoksifikasi tubuh
Sinar matahari membantu menghilangkan sesuatu yang buruk dari tubuh dengan meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga penghapusan "limbah" melalui darah lebih efisien.

6. Mencegah diabetes
Efek sinar matahari yang memadai mungkin memainkan peran penting dalam membantu mencegah diabetes pada anak-anak, serta menurunkan kadar gula dengan merangsang penyimpanan glukosa dalam otot dan hati.

7. Meningkatkan kualitas tidur
Sinar matahari meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur. Melatonin adalah hormone neurotropik yang disintesis oleh kelenjar pineal, terletak di dalam otak.

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Sinar matahari mendukung sistem kekebalan tubuh, karena ketika tubuh tersinari akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan penyakit lain yang dihasilkan oleh bakteri, jamur atau virus.

Ketika tubuh tidak mendapat jumlah sinar matahari yang cukup, maka tubuh akan menghasilkan terlalu banyak hormon melatonin, yang bertanggung jawab untuk membuat anda mengantuk.Sinar matahari juga membantu tubuh untuk memproduksi viamin D yang bagus seharian. Itulah mengapa pada selama musim hujan, kita merasa lemas dan ingin tidur terus.
Jadi cobalah untuk membuka jendela kamar lebar-lebar di pagi hari atau berjalan santai di bawah sinar matahari pagi.

2 Responses to "Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh"

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::