Cari Artikel Disini

Ini yang Bikin Otot Popeye Besar Setelah Makan Bayam

Saat melihat kartun Popeye maka yang masih diingat adalah otot bisep Popeye membesar setelah makan bayam. Kondisi ini ternyata bukan hanya isapan jempol belaka, karena peneliti sudah menemukan jawabannya.

Peneliti berhasil menjelaskan bagaimana bayam bisa membuat otot bisep membesar. Pengujian yang dilakukan pada tikus menemukan senyawa nitrat yang tinggi dalam bayam bisa meningkatkan produksi 2 protein yang berperan dalam pembentukan kekuatan otot.

Para ahli dari Sweden’s Karolinska Institute mengungkapkan jumlah kandungan nitrat dari bayam yang dikonsumsi juga bisa didapatkan dari buah bit, sayuran selada dan juga lobak.

"Dari perspektif penelitian gizi kami bahwa jumlah nitrat yang dikonsumsi bisa berdampak terhadap kekuatan otot di tikus, kondisi ini bisa diterapkan pada manusia," ujar peneliti Andres Hernandez, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (26/6/2012).

Hernandez dan tim berharap manusia bisa mengonsumsi lebih banyak sayuran, karena nitrat bisa ditemukan secara alami dalam sayuran berdaun. Selain itu temuan ini diharapkan bisa membantu mengejar pengobatan terbaru bagi penderita lemah otot.

"Bagian yang paling menarik adalah terus melangkah maju dan melihat apakah orang dengan kelemahan otot, penyakit otot dan bahkan penuaan bisa ditingkatkan fungsi ototnya," ujar Hernandez.

Dalam studi ini peneliti memberikan tikus kandungan nitrat selama seminggu, dan saat diperiksa didapatkan tikus yang memperoleh nitrat memiliki otot yang lebih kuat serta ada 2 protein berbeda yang diasumsikan turut berperan dalam memberikan kekuatan otot yang lebih besar. Hasil studi ini diterbitkan dalam Journal of Physiology.

Selain itu dalam studi sebelumnya diketahui bayam sangat kaya akan kandungan berbagai vitamin dari A hingga K, banyak mineral antara lain potasium, phosphor, magnesium dan zat besi. Serta nutrisi lainnya seperti berbagai asam amino esensial dan serat.


S O U R C E

ARTIKEL TERBARU

0 Response to "Ini yang Bikin Otot Popeye Besar Setelah Makan Bayam"

Posting Komentar

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::