Cari Artikel Disini

Microsoft ' NFC Siap Digunakan Windows Phone '


IkadaNewsOnline - Near Field Communication (NFC) kini menjadi salah satu teknologi yang semakin dikenal di produk smartphone. Sejumlah seri smartphone mulai menggunakan teknologi NFC, yang memungkinkan kemudahan transfer data hanya dengan sentuhan.

Nokia sudah memasang teknologi NFC di sejumlah ponsel yang berbasis Symbian Belle, misalnya saja Nokia 700. BlackBerry pun menggunakan NFC di sejumlah ponsel terbarunya yang menggunakan OS BlackBerry 7. Bahkan, Google pun memadukan pembayaran Google Wallet di smartphone berbasis Android, yang menggunakan teknologi NFC.

Bagaimana dengan Windows Phone? Seperti dikutip dari laman TechRadar, Microsoft mengatakan Windows Phone 7.5 sudah siap dilengkapi teknologi NFC. Tapi saat ini, belum ada pihak manufaktur yang menyediakan.

Will Coleman, pengembang dan manajer produk di Microsoft UK, mengatakan hanya masalah waktu bagi perangkat Windows Phone untuk menggunakan teknologi NFC.

"Sejauh yang saya tahu, NFC itu juga support (di Windows Phone), tapi tetap membutuhkan ketersediaan OEM (Original Equipment Manufacturer). Jika OEM bisa menyediakan, ini bisa dilakukan," ucap Will Coleman.

"Sejauh ini hanya masalah waktu, tapi tidak dalam waktu lama lagi banyak hal menarik dari munculnya NFC dari Microsoft," lanjutnya.

Mengenai ini, Kepala Apps dan Kerjasama Nokia, Keith Varty, mengatakan Nokia masih dalam tahap pengembangan untuk menempatkan teknologi NFC di Lumia 800, smartphone Nokia yang berbasis Windows Phone 7.5. NFC, menurut Varty, akan memainkan peran penting bagi kerjasama Nokia dengan Microsoft di masa datang.

"NFC bukan persoalan 'andai', tapi 'kapan'. Memang belum ada NFC di perangkat kami yang sudah diluncurkan (Lumia)," ucap Varty. "Kami butuh perangkat Windows Phone dengan teknologi NFC untuk dipasarkan," lanjutnya.

Tak hanya itu, Microsoft pun dikabarkan akan bekerja sama dengan Google untuk platform pembayaran menggunakan Google Wallet. Namun, sebelum itu Microsoft sedang mempersiapkan teknologi NFC-nya untuk bisa sinkronisasi antar-perangkat, layaknya android beam.


ARTIKEL TERBARU

0 Response to "Microsoft ' NFC Siap Digunakan Windows Phone '"

Posting Komentar

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::