Puluhan ribu orang turun ke jalan untuk merayakan peringatan satu tahun legalisasi pernikahan gay di negara bagian New York, Amerika Serikat. Peringatan itu dilakukan bertepatan dengan event parade gay tahunan, Gay Pride March pada Minggu, 24 Juni waktu setempat.

"Mari kita rayakan. Banyak yang harus kita rayakan," kata penyanyi Cyndi Lauper (59) yang ikut serta dalam parade tersebut. "Semua orang bisa menikah di New York," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/6/2012).

Massa membawa bermacam-macam spanduk bendera-bendera aneka warna. "Terima kasih, Gubernur Cuomo," demikian bunyi salah satu banner mengenai Gubernur New York Andrew Cuomo, yang menandatangani legislasi pernikahan sesama jenis pada 24 Juni 2011 lalu.

Presiden AS Barack Obama mengumumkan dalam pidato nasionalnya Mei lalu, bahwa secara pribadi dirinya menganggap pasangan sesama jenis harus punya hak untuk menikah. Untuk mendukung statemen Obama itu, dalam parade ini, banyak warga yang mengenakan kaos-kaos bertuliskan "Obama pride."

Menurut peserta parade, Chet Kabara dan Frank Mahood yang telah menjadi pasangan gay selama 29 tahun, dukungan Obama atas pernikahan gay itu menjadikan event tahun ini "sangat spesial."

"Ini pertama kalinya orang-orang di level pemerintah kita telah mengakui legitimisasi hubungan kami," kata Mahood (73).

Wali Kota New York City Michael Bloomberg ikut serta dalam parade ini. Begitu pula dengan Christine Quinn, ketua Dewa Kota New York. Quinn (45) ditemani oleh istrinya, Kim Catullo. Kedua wanita itu telah menikah sejak Mei 2011 lalu.


source