Cari Artikel Disini

Istitah COLOR dalam Dunia Broadcast





COLORBARS
adalah Palang warna ,yaitu suatu pola tampilan berwarna-warni yang biasa digunakan sebagai tampilan ujicoba pada televisi. Biasanya digunakan untuk mengecek apakah sistem video sudah dikalibrasi dengan benar. Sistem video telah terkalibrasi dengan benar bila warna-warna pada palang warna tersebut memiliki kecerahan, ketebalan dan saturasi yang cukup. Hal ini bisa dicek dengan vectorscope atau dilihat pada RGB levels.

COLORBLACK.
Sinyal warna paling dasar disebut black. Sinyal ini memiliki nilai luminance 7.5 IRE dan tidak ada chroma pada gambar. Sinyal ini digunakan setiapkali dilakukan perpindahan warna gradual menuju hitam (fades to black).

COLOR CONSULTANT.
adalah sebuatan untuk seorang Penasehat teknis yang memiliki keahlian di bidang stok film dan pengolahan film, yang biasanya memberi masukan/petunjuk pada para sinematografer.

COLOR ENHANCEMENT.
Ialah Perubahan warna yang dilakukan terhadap sebuah gambar, tidak penting apakah perubahan tersebut mencerminkan kenyataan sebenarnya atau tidak, yang penting dapat memperkuat makna gambar. Istilah ini merujuk pada digital post production atau Proses Editing, bukan pada film lab systems. Perubahan ini demi penekanan makna dari Video / Film yang nantinya akan dihasilkan dan yang telah direncanakan sebelumnya dalam proses Pra Produksi, tetapi ini mungkin improvisasi pada saat Pascaproduksi.

COLOR GRADING.
Proses perbaikan atau perubahan warna. Biasanya dilakukan di laboratorium Film pada saat akan pembuatan final print.

COLOR KILLER.
Sirkuit yang dirancang untuk mendeteksi terjadinya letupan pada sinyal televisi dan mematikan fungsi sirkuit-sirkuit warna bila letupan sinyal terlalu rendah atau hilang.

COLOR TEMPERATURE / SUHU WARNA.
Setiap sumber cahaya memiliki karakteristik warna. Warna tersebut berkaitan erat dengan ‘suhu’ yang dimilikinya. Suhu warna yang lebih rendah cenderung berwarna merah atau oranye, sementara suhu yang lebih tinggi cenderung berwarna hijau atau biru. Suhu warna diukur dengan alat pengukur cahaya atau biasa disebut Lightmeter dengan satuan derajat Kelvin (oK).

COLOR TIMING / CORRECTION.
Proses penyelarasan warna yang dilakukan pada video / film proses ini dilakuakan pada saat Editing / paska produksi dengan tujuanagar video / film tersebut memiliki kepaduan warna yang dinamis dan sesuai dari frame ke shot.

COLORIST.
Adalah sebuatan untuk seorang Seniman gambar yang selama pascaproduksi sebuah film atau program televisi melakukan perbaikan warna (dengan komputer editing) dari frame ke frame agar tercapai keselarasan warna yang diinginkan.

COLORIZATION.
Proses perubahan warna pada sebuah film. Secara digital dari warna gambar hitam-putih menjadi berwarna.hal ini,pertama kali dilakukan pada tahun 1980-an, namun tidak mendapat sambutan yang baik karena dianggap merusak kreasi artistik. Contoh perubahan warna adalah pada Casablanca (Michael Curtiz, 1942) dan It's a Wonderful Life (Frank Capra, 1946).


ARTIKEL TERBARU

0 Response to "Istitah COLOR dalam Dunia Broadcast"

Posting Komentar

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::