Cari Artikel Disini

Wah...Suku Primitif Telanjang Jadi Tontonan

Seperti penghuni taman safari, suku Jarawa menjadi tontonan para wisatawan dari dalam mobil. Mereka masih telanjang. Ketika mobil melintas dengan pelan mereka mendekat, lalu orang di dalam mobil memberi mereka makanan atau uang. Mereka pun menari-nari atau sekadar berdiri. Pemandangan ini terjadi setiap hari, mobil antri memanjang untuk melihat mereka.
Suku Jarawa. Mungkin agak asing terdengar. Suku tersebut berdiam di Kepuluan Andaman yang terpencil, sebelah utara Khatulistiwa di Samudra Indonesia.
Itu adalah salah satu suku di dunia yang paling primitif. Mereka setiap hari menjadi tontonan turis yang membayar untuk safari manusia dan memperlakukan mereka seperti binatang di kebun binatang.
Ratusan pengunjung ke Kepulauan Andaman mengantri setiap hari saat fajar untuk melewati hutan cadangan yang disisihkan untuk suku Jarawa. Mereka kemudian melemparkan sisa-sisa makanan ke penduduk asli setengah telanjang, yang hanya mulai melakukan kontak dengan dunia luar pada akhir 1990-an. Imbalannya, mereka diminta untuk menari.
Suku tersebut berjumlah 403, dalam teori, mereka dilindungi oleh hukum yang ketat di kepulauan tersebut. Sebuah tanda di pintu gerbang ke negara-negara bertuliskan: "Jangan memberikan makanan kepada Jarawas. Jangan memotret dan mengambil gambar dengan videog. Jika tidak, Anda akan bertanggung jawab untuk tindakan hukum termasuk perampasan kamera."
Tetapi wisatawan dapat membayar calo £ 350 atau sekitar Rp 500 ribu untuk mengambil bagian dalam konvoi, dengan polisi setempat mengambil potongan £ 200 dapat dengan leluasa melanggar pearaturan tersebut..
Pengunjung terlihat melempar pisang dan biskuit kepada orang-orang suku Jarawas yang menunggu di sisi jalan. Adegan serupa terlihat di tempat lain sebagai orang yang memberimakan hewan di kebun binatang.
Bagaimana cara mengunjungi pulau tersebut. Wartawan foto Gethin Chamberlain dari Inggris menceritakan pengalamannya yang dimuat di dailymail. Ia bertemu dengan sebuah agen perjalanan. Kunjungan wisata itu tidak ada dalam iklan, yang ada hanya kunjungan ke gua lokal, di pulau-pulau ‘ibukota Port Blair. Ia bergabung dengan tur yang dijalankan oleh Rajesh Vyas yang mengatakan tur itu ‘sangat populer’ dengan Inggris.
Vyas mengatakan: "Biaya 15.000 rupee (£ 182). Itu sudah paket untuk membayar polisi, mobil, sopir, hadiah untuk Jarawa, biskuit, makanan ringan."
Polisi di pulau-pulau diberitahu untuk menangkap siapapun yang tertangkap mengambil gambar suku suku tersebut. Tetapi polisi bisa disuap dengan £ 200. Polisi itu kemudian memerintahkan sekelompok gadis topless menari bagi wisatawan. Sebuah video menunjukkan anak-anak menolak pada awalnya, tetapi bergoyang setelah ia berkata: "Aku memberimu makanan."
Ajai Saxena, pejabat pemerintah yang bertanggung jawab untuk perlindungan suku Jarawa, mengatakan: "Ini tur tidak menghormati Jarawa. Kami telah memberitahu operator tur bahwa mereka tidak harus menghentikan kendaraan ketika bertemu Jarawa, tetapi kita tidak dapat mengontrol setiap kendaraan."
Suku Jarawa hidup terpisah dari dunia modern sampai 1998, ketika salah satu dari mereka yang membutuhkan perawatan di rumah sakit – dan mengatakan kepada seluruh suku tentang kehidupan jauh lebih baik. Mereka sekarang secara teratur mengunjungi kota-kota lokal dan permukiman.
Akibat kontaknya dengan dunia luar, ada wanita suku Jarawas yang hamil dengan orang luar. Kehamilan itu tidak diterima oleh kelompok suku itu. Akhirnya bayi itu terbunuh.


ARTIKEL TERBARU

0 Response to "Wah...Suku Primitif Telanjang Jadi Tontonan"

Posting Komentar

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::