Cari Artikel Disini

Unik Seekor Burung Belibis Bermain Drum

IkadaNewsOnline - KEITH MOON dan Ringo Starr memiliki gaya sendiri ketika memainkan drum individu. Namun, bila anda mendengarkan cukup dekat, maka tidak akan terdengar suara pukulan drum di telinga anda. Burung belibis jantan jenis ruffed adalah binatang pertama yang diketahui mampu membuat suara non vokal yang unik.
Manusia dan hewan lainnya, terutama burung dapat diidentifikasi dari suara mereka. Tapi tidak ada satu pun yang menampakkan keunikan suara non vokal tersebut, kata Andrew Iwaniuk dari University of Lethbridge di Alberta, Kanada.
Penelitian Iwaniuk terhadap belibis jantan jenis ruffed (Bonasa umbellus), mengamati penggunaan sayap ketika mereka berdiri. Pergerakan yang berlangsung sekitar 10 detik, akan memberikan tenaga hingga 50. Iwaniuk dan timnya mencatat 449 penampilan dari 23 ekor belibis jantan dan menemukan bahwa jumlah tenaga di setiap pergerakan dan tingkat di mana mereka diproduksi adalah unik untuk setiap individunya.
Belibis betina mengandalkan hentakan drum untuk mengenali belibis jantan khususnya selama musim kawin, kata Iwaniuk. Secara teori ada manfaat agar mudah dikenali, ujar Elizabeth Tibbetts dari University of Michigan di Ann Arbor. Namun kedua peneliti mengatakan belum menemukan kejelasan apakah belibis menggunakan panggilan khas mereka atau hasil dari sebuah kecelakaan evolusi.


ARTIKEL TERBARU

0 Response to "Unik Seekor Burung Belibis Bermain Drum"

Posting Komentar

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::