Cari Artikel Disini

Wow 'SPG-spg Cantik Jualan Sapi Qurban.'

Bentar Lagi Musim Qurban gan..? Ente mau milih yang mana.. yang jualan apa yang dijual gan..???

Musim haji boleh dikatakan sebagai surga bagi pedagang hewan qurban. Jangah heran kalau banyak hewan qurban seperti sapi, kambing, kerbau, dan domba dijajahkan dipinggiran jalan. Namun, berjejalnya penjual hewan qurban disepanjang jalan juga berdampak pada penghasilan si pedagang. Untuk memikat hati para pembeli, setiap pedagang harus memiliki trik sendiri.

Deretan sapi qurban di Jalan Akses Kelapa Dua, Kelurahan Palsigunung Selatan, Kecamatan Cimanggis—tidak jauh dari Markas Komando (Mako) Brimob— selintas terlihat tidak ada yang istimewa. Namun, bila ditelisik lebih jauh maka terdapat banyak keistimewaan.

Wanita-wanita cantik berseragam biru anggur dengan senyum mengembang siap menyambut setiap tamu yang datang ke Show Room Sapi Qurban H Doni. Layaknya sales promotion gils (SPG) di perusahaan-perusahaan rokok. Keempat wanita cantik itu dengan cekatan menjelaskan jenis dan berat sapi yang ada di show room tersebut. “Mereka bukan SPG. Mereka merupakan mahasiswi yang lagi magang di show room ini,” terang pemilik show room, H Doni.

Keistimewaan lain yang coba ditampilkan H Doni dalam menjual sapi qurban miliknya adalah dengan menyulap show room mobil menjadi show room sapi. Setiap transaksi pembelian sapi tidak dilakukan di kandang sapi. Melainkan di ruangan ber AC. Setiap pembeli yang ingin sekadar bertanya dapat duduk tenang tanpa mencium bau tak sedap di ruang tunggu. Dengan disuguhi air miniral kemasan. “Kalau mau dikatakan cara penjualan kami unik ya memang unik. Cara seperti ini baru kami lah satu-satunya di Indonesia,” kata pria asal Betawi dengan logat kentalnya.

Bisnis menjual sapi qurban sudah digelutinya sejak 20 tahun lalu. Aneka ragam cara dilakukan untuk memikat hati para pembeli. Dari mulai berjualan model konvensional sampai pada cara seperti ini. Terbukti sudah tiga tahun lalu pola ini diterapkan. Hasilnya boleh dikatakan sukses. “Sudah tiga tahun saya menerapkan metode seperti ini. Hasilnya bisa dilihat sendiri,” kata dia.

Sederet nama-nama elite di pemerintahan Republik Indonesia, pengusaha ternama, sampai duta besar pernah mampir ke show room-nya itu. Bahkan, tidak sedikit yang telah menjadi pelanggan tetapnya. “Kebanyakan mereka datang pada malam hari. Ada yang beli satu ekor. Ada juga yang beli banyak,” kata anak tukang nasi uduk keliling itu.

Masalah harga, kata Doni, tidak perlu khawatir. Sebab, harga ditentukan dengan berat sapi. Dari mulai harga Rp7 juta sampai Rp60 juta tersedia. Ia menjamin setiap kualitas sapi di show roomnya. Termasuk pakan yang digunakan. Satu ekor sapi saja, ucap Doni, bisa ada yang mencapai beratnya 1 ton lebih. Apalagi untuk jenis sapi import yang memang jenisnya besar. Seperti jenis limosin, bull dan lainnya.

Doni menjelaskan, sapi import berasal dari New Zealand dan Australia. Tapi selain itu, dia mengaku, ada juga sapi lokal berkelas A. Misalnya sapi-sapi asal NTT, NTB, Jawa Tengah dan Bali. Sapi-sapi tersebut bisa mencapai ukuran yang juga besar. “Sapi lokal pasti harganya berbeda dengan sapi impor. Soal kualitas tidak akan mengecewakan,” kata dia.

Dia menambahkan, sediktinya ada 150 ekor sapi siap dijual di show roomnya ini. Angka itu baru dari satu show roomnya. Sedangkan ia memiliki enam show room lainnya di tempat lain. “Di Cianjur lebih nyaman dari show room Kelapa Dua. Setiap pengunjung akan diantar menggunakan tiga kendaraan golf untuk berkeliling,” katanya penuh kebanggaan.

Doni mengaku, konsep memanjakan pembeli merupakan hasil nyontek dari pusat peternakan di luar negeri seperti Belanda, New Zeland, dan Australia. Termasuk dengan menggunakan jasa wanita cantik sebagai pramuniaga. Di luar negeri kebiasaan menggunakan jasa pramuniaga
perempuan dianggap wajar. Itu pun terjadi pada bisnis hewan ternak. ”Kalau berkunjung ke New Zealand, Australia atau negara eropa, Anda akan menyaksikan pramuniaga perempuan menjual hewan ternak,” katanya sambil menunjukan figura perempuan cantik yang tengah berkuda.
Sumber

ARTIKEL TERBARU

0 Response to "Wow 'SPG-spg Cantik Jualan Sapi Qurban.'"

Posting Komentar

::: TErima KAsih Anda Telah Memberi Komentar :::